Mengajarkan Pengelolaan Keuangan Bagi Anak

Banyak pengetahuan yang didapat anak di sekolah. Baik tentang pengetahuan alam, sosial dan agama. Yang juga anak harus dapatkan sedini mungkin adalah pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Walaupun di sekolah anak telah ikut nabung, lebih lengkap jika diberikan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan oleh kedua orang tua.
Pertanyaan yang biasa muncul adalah pada usia berapa baiknya anak diberikan pengetahuan tersebut. Ternyata pada usia berapa pun kita dapat mengajarkan konsep pengelolaan keuanga. Hanya pendekatan yang berbeda saja.
Berikut beberapa tips pengelolaan keuangan bagi anak:
  1. Tentukan tujuan keuangan.
    Segala aktivitas kita mempunyai tujuan. Termasuk dalam pengelolaan keuangan, ajarkan pada mereka (anak) tentang tujuan pengelolaan keuangan yang dapat menimbulkan semangat dan dorongan mereka untuk melakukannya.
  2. Ajari tentang konsep uang dan menabung
    Ungkapan “hemat pangkal kaya” tidak asing bagi telinga kita. Salah satu cara berhemat adalah dengan menabung. Sebaiknya Anda mengajarinya sedini mungkin dan ajak mereka untuk memilih celengan sendiri.
  3. Menggunakan permainan
    Contoh yang menggunakan permainan adalah dengan menggunakan mainan monopoli. Dalam permainan tersebut ada cara untuk mendapatkan uang dan cara menggunakan uang, misal membeli negara atau rumah.
  4. Menyusun daftar pekerjaan dan memberikan penghargaan
    Pekerjaan setiap anak berbeda-beda. Anda bisa membantu mereka menentukan dan membuat daftarnya. Apabila anak-anak berhasil mengerjakan pekerjaan, beri mereka penghargaan dapat poin yang jika dikumpulkan dapat mereka tukar dengan apa yang mereka mau.
  5. Melibatkan anak
    Sebaiknya Anda mengajarkan pengelolaan keuangan dengan mengajak mereka terlibat dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya belanja atau menabung di bank.
  6. Ajarkan beramal
    Perlu juga ditanamkan tentang harta yang kita miliki terdapat sebagian milik orang lain. Bisa saja anda meminta anak untuk sharing mainan atau makanan yang dibawa di sekolah.

Tulisan ini disadur dari sumber tulisan: https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3607196/tips-ajarkan-anak-kelola-keuangan