Pertanyaan yang paling sering saya dapatkan saat workshop persiapan purnabhakti adalah bagaimana kiat-kiat memulai usaha baru agar bisa berjalan dengan baik.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga sharing yang saya dapatkan dari para pensiunan lainnya, ada 5 (lima) hal yang perlu kita lakukan pada saat akan memulai bisnis.

  1. Pastikan bahwa Anda memahami proses bisnisnya dengan baik. Proses bisnis menggambarkan bagaimana alur dari kegiatan bisnis mulai dari permintaan, penciptaan barang/jasa, delivery (pengiriman) sampai pembayaran.
  2. Selanjutnya, mana dari kegiatan dalam proses bisnis tersebut yang bisa dikerjakan sendiri dan mana yang memerlukan kerjasama dan bantuan orang lain. Misalkan, apa kita akan menjual barang ke pelanggan secara langsung atau apakah kita akan menjual ke orang lain untuk dijual kembali ke pelanggan langsung; Apakah barang atau jasa bisa kita deliver sendiri ataukah bisa dikerjakan oleh orang lain yang bisa kita gaji; Apakah kita yang akan mendatangi pelanggan langsung, ataukah pelanggan yang akan mendatangi kita?; Apakah pembayaran cash ataukah bisa ditunda, seberapa lama?
  3. Setelah memetakan proses bisnisnya, maka Anda bisa memilah mana yang bisa dikerjakan sendiri dan mana yang bisa dikerjakan bekerjasama orang lain. Tidak semua kegiatan usaha harus dilakukan sendiri, dalam proses merintis usaha di mana sumber daya masih terbatas sebaiknya kita memilih dengan cermat mana yang bisa kita lakukan sendiri dan mana yang bisa dikerjakan dengan bantuan orang lain.
  4. Mencari partner atau mitra kerja yang cocok dengan Anda. Dalam masa awal usaha carilah mitra kerja yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga usaha Anda nantinya bisa segera menghasilkan.
  5. Buatlah perhitungan rencana bisnis. Berapa modal kerja yang harus disiapkan, berapa biaya operasional yang akan ditanggung setiap bulannya, dan berapa proyeksi penghasilan yang akan didapatkan setiap bulannya.

Demikian kiat bisnis kali ini semoga bermanfaat dan selamat memulai bisni Anda.

Penulis: Admin Persiapan Pensiun